Profil Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
A. Prospek Lulusan
Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Arab telah tersebar di berbagai bidang dan
lapangan pekerjaan dikarenakan corak keilmuannya (bahasa dan sastra Arab)
yang khas sekaligus fleksibel untuk dapat diaplikasikan dalam beragam bidang,
di antaranya sebagai guru, dosen, peneliti, jurnalis, dan kritikus sastra serta
penerjemah tulis dan lisan.
B. Gelar Lulusan
Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab diberi gelar Sarjana Humaniora
disingkat S. Hum..
C. Kompetensi Lulusan
Profil lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra yaitu Linguis Arab, Peneliti Bahasa Arab, Peneliti Sastra Arab, dan Penerjemah. Berikut kompetensi masing-masing profil lulusan :
PROFIL LINGUIS ARAB |
|||
CP Sikap |
CP Pengetahuan |
CP Keterampilan Khusus |
CP Keterampilan Umum |
|
|
|
|
PROFIL PENELITI BAHASA ARAB |
|||
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan Khusus |
Keterampilan Umum |
|
|
|
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik; 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan, 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
PENELITI SASTRA ARAB |
|||
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan Khusus |
Keterampilan Umum |
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab ada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
1. Menguasai konsep teoretis, metode dan perangkat analisis studi keislaman dan ke-adab-an, khususnya studi kesastraan Arab. 2. Menguasai konsep dan teknik dalam menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional studi kesastraan Arab. 3. Menguasai metode penelitian yang berkaitan dengan studi keislaman dan keadaban, khususnya studi kesastraan Arab. 4. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional |
|
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik; 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
|
PENERJEMAH ARAB |
|||
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan Khusus |
Keterampilan Umum |
|
|
|
|